In Lifestyle

Beli Rumah Atau Sewa? Mana yang Lebih Baik Untuk Saat Ini

 

“Beli rumah sekarang, harganya lagi turun", ujar salah seorang teman. Kemudian dia menyebutkan beberapa nama daerah di Jogja. Suaranya perlahan terdengar semakin pelan lalu menghilang, saya larut dalam pikiran saya sendiri sambil menatap ke arah luar dari kaca mobil penumpang di bagian belakang. Teringat kata-kata ibu ketika saya diangkat menjadi pegawai tetap, “Belilah rumah”. Entah mengapa rasanya masih terlalu berat dan saya pikir waktunya belum tepat. Lagipula saya belum menemukan lokasi yang cocok untuk tempat tinggal.

Obrolan dalam perjalanan pulang siang tadi ternyata mengusik benak saya. Dalam hitungan detik saya sudah berada di sebuah laman situs jual beli rumah . Fokus saya tertuju pada beberapa lokasi di Jogja yang disebutkan oleh teman saya tadi. Daerah yang biasanya harganya sangat tinggi sekarang ada yang ditawarkan dengan harga tiga ratus jutaan, padahal jaraknya tidak terlalu jauh dengan kota. Kesempatan nih, apalagi jika dibeli dengan cara nyicil, wah impian rumah idaman segera terwujud. Eh, sebelum mengambil keputusan ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal.

Kapan waktu yang tepat untuk beli rumah.

Sebenarnya tidak ada waktu yang benar-benar tepat. Setiap orang memiliki kesiapan dan kesempatan yang berbeda karena kondisi keuangan juga berbeda. Membeli rumah rumah secara tunai memang lebih menguntungkan. Entah untuk tempat tinggal atau disewakan, rumah juga salah satu bentuk investasi masa depan yang dipilih kebanyakan orang. Nilai jual dari tahun ke tahun yang cenderung naik menjadi alasan utama. Intinya jangan memaksakan kalau memang duit/gaji kamu belum cukup, apalagi kalau harus membeli rumah secara kredit. Perencanaan dan perhitungannya harus lebih teliti.

Sebelum mengambil kredit rumah, pastikan pekerjaan yang sedang kamu jalani saat ini aman setidaknya sampai saat jatuh tempo. Biasanya pihak bank menetapkan ketentuan minimal rasio gaji, misalnya nih rasionya 35% dan gaji kamu per bulan tiga juta rupiah itu artinya kamu harus “hidup” dengan pendapatan kira-kira satu juta rupiah tiap bulannya. Sanggup?  Apabila kamu merasa memiliki penghasilan yang pas-pasan berasal dari satu sumber saja, alangkah baiknya mulailah mencari pekerjaan tambahan atau bisnis sampingan.

Selain faktor keuangan, lokasi kerap dijadikan pertimbangan kedua. Perusahaan tempat kita bekerja menempatkan kita di satu kota untuk waktu yang lama atau tidak ada mutasi sama sekali untuk jabatan kita. Kalau sering pindah tugas, sebaiknya ditunda dulu sampai kita menetap di suatu daerah. Kemudian barulah mencari lokasi yang strategis dan aman, misalnya dekat kota, dekat tempat kerja, dekat akses publik, tidak banjir. Rumah itu pulung (keberuntungan) kata orang Jawa. Nah kalau dua hal ini dirasa cocok, barangkali saat ini adalah saat yang tepat buat kamu untuk membeli rumah.


Sewa rumah, kenapa tidak?

Dalam sebuah unggahan video obrolan Luna Maya dengan Sophia Latjuba beberapa minggu yang lalu di salah satu channel Youtube, Sophia Latjuba mengaku tidak memiliki rumah sendiri. Selama ini dia memilih untuk menyewa rumah sebagai tempat tinggal, alasannya harga jual rumah di Jakarta setinggi langit. Terdorong oleh rasa penasaran untuk membuktikan omongan mbak Sophia, saya pun langsung browsing di situs properti. Yah, kalau harganya segitu mau secapek apapun kerja juga nggak bakal terbeli oleh kita yang cuman punya gaji UMR. Menurut Sophia Latjuba, menetap di satu tempat itu untuk waktu yang lama terasa membosankan dan juga biaya perawatan rumah yang tidak sedikit. Meskipun pindah-pindah rumah tentu membawa kerepotan tersendiri, lama-lama sudah terbiasa. Sependapat dengan Sophia, konon katanya, generasi milenial yang ingin hidup mandiri juga lebih memilih sewa rumah ketimbang berinvestasi membeli rumah.

Di masa pandemi ini membuat keputusan untuk beli rumah atau sewa sepertinya terasa mudah. Tanpa perlu hitung menghitung pendapatan dan pengeluran yang ribet, menyewa rumah menjadi pilihan yang tepat. Kita bisa lebih leluasa mengatur keuangan kita tanpa terbebani tagihan setiap bulan. Atau setidaknya kita punya tabungan yang cukup banyak untuk bertahan dari situasi pandemi yang entah kapan berakhir. Nanti, jika kondisinya sudah lebih baik, siapa tahu kita bisa membeli rumah impian kita. Namun jika kamu sudah menyiapkan dana untuk membeli rumah, lebih baik beli rumah sekarang aja mumpung harga lagi turun. (dian)

*sumber foto pixabay.com


Related Articles

0 komentar:

Post a Comment