King Kerang, Hidden Gem Kuliner Seafood di Jogja

by - 12:40 AM



Wah udah bulan Maret aja nih, lagi siap-siap mau liburan kemana towners. Kalau pun masih belum ada rencana, nggak papa, santai dulu aja. Jalan-jalan di kota sendiri juga nggak kalah seru. Naik motor ke Kaliurang, sampai di sana foto cekrek-cekrek trus turun sampai ke Parangtritis nungguin beautiful sunset, udah deh seharian melepas penat. Pikiran fresh, hati bahagia ya meskipun tangan mungkin pegel-pegel dikit ya. Eits jangan manyun dulu, barangkali di perjalanan nemuin hidden gem kuliner yang enak, maknyus dan harganya affordable. 

Kerang dara goreng mentega ala King Kerang

Nyari resto seafood di Jogja ini susah susah gampang ternyata, pepatah lama mengatakan bagai mencari jarum ditumpukkan jerami. Nemu yang enak, harga agak di atas rata-rata tapi kok porsinya cuman segini, ukuran kepitingnya kecil lah, ini lah. Giliran ketemu yang harga miring duh rasanya ikutan miring. Apalagi mengolah seafood memang tidak mudah banyak do’s and don’ts-nya agar cita rasa seafood tidak rusak. Coba deh ke King Kerang. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota, kira-kira 5 menit ke arah barat dari Titik Nol Kilometer Jogja. Nah barangkali resto seafood ini boleh jadi salah satu hidden gem itu, terutama buat seafood lover. Mau tau kenapa? Berikut ini alasan kenapa King Kerang recommended banget:

1.  Harga Terjangkau

Tidak perlu menguras kantong terlalu dalam untuk seporsi aneka kerang cukup sepuluh ribu rupiah saja. Ada 3 pilihan kerang yang dijual di sini yaitu kerang dara, kerang ijo dan kerang batik. Seporsi kerang dara kira-kira berisi 25 biji lumayan banyak kan. Jika datang beramai-ramai ada paket hemat yang bisa dipilih sesuai selera misalnya paket kepiting setia yang berisi 2 ekor kepiting, kerang dara, kerang ijo dan kerang batik seharga 55 ribu. Ini paket paling laris di King Kerang. Sedangkan jika hanya ingin menikmati kepitingnya saja, para crab lover cukup menyediakan budget 25 ribu. Untuk seporsi udang, cumi dan kepala gurita bisa disantap dengan harga 15 ribu saja. Tidak hanya menyediakan aneka seafood, menu lain seperti ayam, nila dan lele dalam menu paket komplit seharga 12 ribu – 17 ribu saja. Aneka sayuran seperti cah kangkung dan tumis tauge dibanderol dengan harga 8 ribu. Untuk minuman dan nasi putih hanya seharga 3 ribu. Gimana masuk budget kamu pasti kan, cocok buat bawa seluruh keluarga, handai taulan  dan teman untuk bersantap di sini. Seratus ribu udah bisa makan rame-rame nih.

Daftar menu di King Kerang


2
. Pilihan Menu Seafood Komplit.

Siapa sangka berawal dari hobi keluargKia mbak Dewi yang suka makan seafood akhirnya mereka punya warung seafoodnya sendiri. Tidak heran kalau olahan masakan seafood di King Kerang ini punya cita rasa khas yang beda dari yang lain. Jelas iya lah, resep rahasia keluarga. Mau diolah apa? Pedas manis, asam manis, saus tiram, saus padang? Boleh banget pilih aja yang jadi fovorit kalian. Jika suka pedas bisa pilih dengan olahan rica-rica.  jika tidak terlalu suka yang olahan yang kaya bumbu dan pedas pilihan goreng mentega cocok juga lho. Cobain aja kerang dara goreng menteganya, beuh. Mau lebih mantep lagi bisa dicocol dengan saus tomat dan  cabe racikan khusus dari King Kerang yang beuh manteb pol. Atau mau udgortep dan cumgortep alias udang goreng tepung dan cumi goreng tepung hehehe. Bisa banget. Tidak hanya memanjakan lidah seafood lovers dengan menu kerang, kepiting, udang, cumi dan gurita King Kerang juga menyediakan menu non seafood yang merupakan menu baru mulai Maret 2021 ini. Ayam goreng, nila goreng dan lele goreng bisa jadi pilihan jika ada salah satu anggota keluarga yang alergi terhadap seafood. Nggak usah khawatir jika membawa seluruh keluarga makan disini kan? Selain menu non seafood di bulan Maret ini ada menu baru nasi goreng seafood yang wajib dicoba.

Pilihan menu di King Kerang


3
. Menggunakan Bahan yang Fresh  

Selain resep rahasia dapur King Kerang, kunci utama dari kelezatan masakan olahan seafoodnya adalah selalu menggunakan pilihan bahan yang berkualitas dan fresh. Yup benar sekali dengan bahan yang fresh maka aroma dan cita rasa menjadi lebih lezat. Selain memperhatikan kesegaran bahan baku, perlakuan dan trik mengolah kerang, kepiting, udang dan cumi juga penjadi perhatian khusus. Misalnya saja untuk mengolah kerang hijau bagian belakang kerang yang berbentuk seperti serabut harus dicabut, jika tidak akan menimbulkan rasa pahit ketika diolah dan dimakan. Karena memang harus fresh King Kerang harus mengekspornya dari negeri tetangga yaitu Semarang hehehe. Mbak dewi sempat bercerita saat terjadi banjir beberapa waktu yang lalu di Semarang, dia terpaksa menutup warungnya karena memang tidak bisa kulakan bahan baku.

Bersama mb Dewi owner King Kerang


 4.  Order via Aplikasi Pemesanan Online

Masa pandemi memang merubah hampir semua kehidupan masyarakat, beruntung mbak Dewi dan usaha King Kerangnya mampu bertahan. Usaha yang mulai dirintis di tahun 2018 ini semula hanya berawal dari menerima pesanan melalui WA dan ternyata banyak yang memesan. Karena mulai ramai, mb Dewi membuka lapak kecil. “Tahun lalu  saat Corona mulai, memang ada penurunan omset,”ujar mba Dewi. “Untungnya kita ada di semua aplikasi online Gofood, Grabfood, Maxim Food dan Jogja Kita, itu sangat membantu saat orang tidak ada yang datang, orderan lewat aplikasi-aplikasi tetap berjalan,”imbuhnya. Buat kalian yang memang harus stay at home selama masa pandemi ini masih tetap bisa merasakan kelezatan menu-menu King Kerang, tinggal memesan dari gawai melalui aplikasi pemesananan makanan online yang kalian miliki. Gofood, Grabfood, Maxim Food atau Jogja Kita bisa semua. Gampang dan praktis kan.

Nasgor seafood, menu baru di King Kerang

5. Lokasi Mudah Dicari

Berada di jalan HOS Cokroaminoto, di seberang Pasar Klitikan yang merupakan pasar barang bekas yang cukup legend di Jogja membuat King Kerang mudah dicari. Dengan patokan itu maka pendatang yang baru pertama kali ke Jogja pun nggak bakal ke sasar. Bila dicari dengan google map sila ketik King Kerang Jogjakarta di pencarian. Jika sebelumnya King Kerang menempati tempat kecil, kini di tahun 2021 King Kerang memperluas area makannya sehingga seafood lovers bisa lebih nyaman menyantap menu kesukaannya. Ups udah time for lunch aja nih. Siap-siap ke King Kerang ah. Saya udah kangen sama kerang dara goreng menteganya. Siapa mau ikut?

Suasana makan seafood di King Kerang



 

 

 


You May Also Like

2 komentar

  1. Hmmm yuumiiiii
    Pecinta seafood hadir, makasih infonya kak, kapan2 wajib dicoba nih 🙏

    ReplyDelete
  2. Wioahhh... nasgor seafoodnya ketoke enak ikih mbak. aku pun pingin kesana. Cobain ah, mumpung murah :D

    ReplyDelete

Follow Us @dTownStory